Jumat, 22 Juni 2012

11 Penampilan Terlarang Saat Wawancara Kerja


Baju Kerja


Busana Kerja - Panggilan interview kerja tentunya menjadi kesempatan yang ditunggu-tunggu. Namun jangan sampai penampilan kita malah membuat kita gagal untuk maju ke tahap berikutnya.

Untuk memberi kesan yang baik, sebaiknya pelajari dulu beberapa hal dan fashion item yang sebaiknya tidak Anda kenakan ketika interview. Seperti yang dikutip dari careerbuilder, ini dia 11 penampilan terlarang saat wawancarakerja.


1. Menggunakan Backpack
Walau praktis, tas model backpack cenderung berkesan santai. Ketimbang menggunakan backpack saat interview, lebih baik menggunakan tote bag berukuran besar untuk memuat semua barang bawaan. Tote bag akan buat penampilan lebih profesional.



2. Rok yang Terlalu Pendek
Memakai rok mini saat wawancara sangat tidak dianjurkan, kecuali jika rok pendek menjadi 'dresscode' yang ditentukan ketika interview (misalnya; pramugari). Mengenakan rok mini tanpa 'disuruh' memberi kesan tidak profesional dan terlalu sensual.


3. Motif atau Warna Terlalu Mencolok
Walau motif ramai dan warna mencolok sedang tren, kebanyakan perusahaan dengan budaya organisasi yang formal, tidak menyarankan untuk mengenakan busana yang terlalu mencolok. Lebih baik gunakan warna-warna netral seperti hitam, abu-abu, coklat, atau navy.


4. Make-up Berlebih
Saat interview, pilihlah riasan wajah natural. Pemakaian riasan mata smokey atau lipstik dengan warna merah menyala memberi kesan berlebihan. Sebaiknya, sapukan blush-on tipis dan lipstick warna pink kecoklatan agar tampak lebih alami.


5. Kuku Panjang
Kuku panjang dan kotor akan membuat penampilan Anda terlihat jorok dan kurang profesional. Sebelum interview, jangan lupa untuk memotong kuku atau gunakan kuteks dengan warna-warna natural seperti nude, untuk memberikan kesan bersih dan sehat.

6. Gaya Rambut yang Salah
Hindari menata rambut secara berlebihan, misalnya dengan gaya rambut sasak seperti hendak ke pesta, atau malah terlalu berantakan seperti habis bangun tidur. Jika Anda tidak sempat untuk menata rambut, ada baiknya mengikat rambut atau dicepol sederhana.

7. Baju Tanpa Lengan
Penggunaan baju tanpa lengan untuk interview akan membuat Anda terlihat 'terlalu' santai, apalagi jika Anda melamar di industri konservatif seperti hukum atau keuangan. Untuk industri kreatif seperti media dan fashion, Anda bisa menggunakan baju tanpa lengan namun tetap dengan model formal, seperti dress a-line dan bukan kaus tanpa lengan.

8. Baju yang Tidak Rapih
Memakai baju yang lecek dan tidak rapih saat interview akan berikan kesan kurang rapih dan malas. Perhatikan juga detail seperti kancing baju yang copot, benang yang keluar, atau stocking yang sobek.

9. Menggunakan sandal
Jangan pernah menggunakan sandal untuk interview! Walaupun Anda melamar di perusahaan kreatif sekalipun. Memakai sandal saat interview, memberika kesan bahwa Anda tidak menghargai perusahaan yang merekrut. Anda pun tampak seperti pribadi yang 'sembarangan'.

10. Wewangian yang Menyengat
Anda pasti ingin tampil sempurna dan wangi saat interview. Namun jangan menyemprotkan terlalu banyak parfum. Ada beberapa orang yang alergi akan bau-bauan yang menyengat Amannya, gunakan sedikit parfum dengan wangi yang ringan dibeberapa titik tertentu seperti pergelangan lengan, dan leher.

11. Aksesoris yang Berlebihan
Gaya berbusana untuk perusahaan dengan budaya organisasi yang formal, biasanya lebih mengarah kepada gaya sederhana namun berkelas. Jadi mengenakan aksesori sederhana seperti kalung simple. Hindari menggunakan semua aksesori secara bersamaan


Sumber: Wolipop.com


Dikutif oleh: Rumahjahit.com


0 komentar:

Poskan Komentar