Rabu, 14 November 2012

Cara Berpakaian Yang Santun Untuk Pekerja Kantor




Pakaian Dinas

Penampilan merupakan salah satu bagian penting dari penampilan. Pakaian menunjukan kepribadian seseorang. Karakter dan sifat seseorang dapat ditebak dari cara berpakaiannya. Berpakaian dapat langsung dilihat oleh mata telanjang,sehingga baik buruknya berpakaian dapat langsung dilihat oleh pandangan mata. Oleh karena itu,cara berpakaian pun harus memperoleh perhatian yang cukup serius dalam memberikan layanan. Terutama bagi anda yang berprofesi sebagai customer service. Cara berpakaian dapat langsung dilihat oleh customer. Oleh karena itu ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam berpakaian. Faktor –faktor ini harus saling mendukung sehingga cara berpakaian dapat serasi dan sepadan. Faktor-faktor yang dimaksud adalah antara lain:


1. Warna yang dikenakan


2. Model yang digunakan,


3. Keserasian antara celana /rok dan baju


4. Cara mengenakan pakaian tersebut


5. Aksesori melekat


Apabila kelima faktor tersebut tidak diperhatikan atau tidak dijalankan maka tidak sedap dipandang mata. Kelima faktor tersebut haruslah diserasikan dengan keadaan, misalnya Warna pakaian yang dikenakan harus sesuai dengan warna kulit ,demikian juga dengan model yang digunakan ,baik untuk baju maupun celana/rok. Misalnya kantong celana,kancing,kerah,dan lengan baju harus disesuaikan dengan model yang lazim dengan karakter pekerjaan si pemakai.


Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa ada lima faktor yang saling mendukung untuk tampil secara prima lewat berpakaian. Salah satu cara yang dianggap paling penting adalah cara mengenakan pakaian tersebut. Karena walau bagimanapun juga cara berpakaian merupakan penentu yang paling penting. Dalam praktiknya ,cara berpakaian yang baik adalah sebagai berikut:


1. GunakanPakaian Dinas (Seragam)
Pakaiandinas atau seragam adalah pakaian yang memang sudah ditentukan oleh perusahaan untuk digunakan pada hari-hari yang sudah ditentukan.

2. Gunakan pakaianRapi , Bersih

3. Hindari PakaianYang Tidak Lazim

4. Jangan Menggunakan aksesori berlebih

5. Gunakan celana /Rok yang berwarna Gelap

6. Masukan Baju Kedalam Celana

7. Gunakan Tanda Pengenal

8. Gunakan sepatu dan kaus kaki



Sumber: Kasmir.2012. Etika Customer service: Rajawali Pers.Jakarta


Dikutip oleh: www.rumahjahit.com


0 komentar:

Poskan Komentar