Minggu, 13 Oktober 2013

Cara mencuci dan merawat pakaian berdasarkan jenis kain

Cara mencuci dan merawat pakaian berdasarkan jenis kain

Karakter setiap jenis kain  berbeda-beda yang memerlukan perlakuan  berbeda pula dalam mencuci dan merawatnya. Berikut ini akan diuraikan tentang cara mencuci dan merawat pakaian berdasarkan jenis kainnya :

SPANDEX

  1. Cucilah mnggunakan tangan serta menggunakan air suam-suam kuku. Jika mencuci menggunakan mesin cuci, aturlah ke putaran rendah.
  2. Jangan gunakan pemutih yang mengandung klorin ke baju yang berbahan spandex
  3. Bilas pakaian sampai bersih dari busa, pastikan tidak ada busa yang  menempel pada pakaian.
  4. Jemurlah hingga kering, jika menggunakan pengering pakaian pada mesin cuci gunakanlah dengan suhu rendah.
  5. Pada waktu disetrika, usahakan tidak terlalu lama menempelkan permukaan setrika pada satu bagian pakaian saja. Gunakanlah temperatur yang rendah.

CHIFFON
  1. Jika mencuci menggunakan mesin cuci, ambillah putaran sedang dan dengan air dingin.
  2. Pisahkanlah dengan baju lain yang mudah luntur.
  3. Pastikanlah tidak ada benda di dalam mesin cuci yang bisa merusak bahan chiffon seperti kepala ritsleting atau pengait celana yang belum terkancing.
  4. Jika mencuci dengan tangan, gosoklah pakaian bahan chiffon secara perlahan menggunakan deterjen yang lembut. Jangan pilin pakaian atau diperas karena dapat merusak bentuk baju.
  5. Pada saat menjemur, hindarilah penggunaan hanger atau gantungan baju agar baju tidak menjadi melar.

RAJUT (wool, katun,atau acrylic)

  1. Jika bahan pakaian rajut sahabat RJ dibuat darii benang berbahan wool, cuci dengan tangan di air dingin supaya tidak menjadi susut. Gunakanlah deterjen khusus untuk pakaian berbahan wool atau sabun bayi yang lembut.
  2. Jika dibuat di benang katun, rami, linen, atau serat alami lainnya, Sahabat RJ dapat menggunakan mesin cuci atau tangan dengan air dingin ataupun hangat.
  3. Jika pakaian dibuat dari acrylic/serat sintetis lainnya, Sahabat RJ dapat menggunakan mesin cuci karena benang ini tidak akan menyusut.

BROCADE/BROKAT

  1. Cucilah menggunakan tangan dengan air dingin dan deterjen yang lembut.
  2. Jangan menggosok/mengucek kain dengan keras atau memilinnya supaya kain tidak merubah bentuknya.
  3. Pada saat menyetrika, pakaian jangan langsung menempelkan permukaan setrika ke kain tersebut tetapi sebaiknya gunakanlah kain press atau handuk polos untuk pelapis. Setrikalah dari bagian dalam kain sehingga tidak merusak polanya.

Hal penting yang harus diperhatikan juga adalah label cara mencuci yang tertera pada pakaian Sahabat RJ. Semoga Tips mencuci dan merawat pakaian berdasarkan jenis kain. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar